Tips Paling Tepat Dan Cepat Untuk Mengajarkan Anak Membaca

Tips Paling Tepat Dan Cepat Untuk Mengajarkan Anak membaca
Sebagai orang tua tentunya mempunyai seorang anak yang bisa cepat membaca dan menulis merupakan hal yang sangat diidam - idamkan. Tetapi kadang ada - ada saja masalah atau hal yang membuat anak sulit sekali untuk dapat membaca dengan cepat. 

Dalam hati kita sebagai orang tua pasti memiliki pertanyaan – pertanyaan yang mengganjal bukan? bagaimana  sih cara agar anak kita dapat cepat membaca?. Mungkin beberapa cara ini harus bisa orang tua terapkan dirumah, agar anak bisa cepat memahami dan bisa cepat belajar cara  membaca. 
Cekidot.. 

Tips Paling Tepat Dan Cepat Untuk Mengajarkan Anak membaca


Agar seorang Anak mau membaca sebaiknya kita sebagai orang tua harus menghindari hal-hal  ini pada Anak
  •  Jangan sampai anak menjadi jenuh dan bosan, ini berarti kita sebagi orang tua jangan terus menerus kepada anak untuk terus belajar
  • Hindari terlalu memaksa kepada anak, hal ini dapat membuat anak menjadi tidak konsen
  • Orang Tua harus rileks, kita tidak boleh kaku atau tegang saat mengajarkan cara membaca kepada anak anak, lebih baik tunggu dan tunda jika kita sudah merasa suasana sudah tidak mendukung untuk  aktivitas pembelajaran kepada anak.
  • Jangan dulu memberi pelajaran kepada  anak dengan abjad yang susah, rumit.
  • Buatlah suasana hati anak senang, bahagia, santai dan bergembira serta nyaman dalam menerima dan memahami pelajaran yang kita berikan kepada anak
  • Ciptakan metode atau cara yang berbeda dan lebih menghibur, dengan cara belajar sambil bermain yang dapat membuat anak  kita menjadi tidak bosan

Mengajar membaca anak kita dengan Glen Doman


Lebih baik kita sebagai  Orang Tua menunda dulu  mengajarkan anak kita dengan huruf-huruf dan abjad yang susah, lebih baik menggunakan kata-kata. 

Karena  kata merupakan hal yang benar-benar ada, dan huruf adalah abstrak, anak akan gampang paham jika kita mengajarkan dengan hal yang mudah dimengerti terlebih dahulu bukan hal abstrak yang akan membuatnya keras berpikir. 

Nah, agar anak kita  bisa lebih cepat  mengingat pelajaran membacanya, lebih baik kita sebagai Orang Tua mengajarkan anak membaca dengan sederhana dengan secara perlahan dari kata per kata, dan yang paling sering  digunakan adalah metode glen doman. Berikut cara Glen Doman yang bisa kita ikuti, simak cara dibawah ini:

  1. Buatlah beberapa kata berbeda  yang bisa kita bagi menjadi 3 set category dan dibuat dalam bentuk kartu yang kita buat dari karton dan spidol. Tulislah kategory tersebut dengan spidol dan kita buat beberapa kata lalu  kita bagi menjadi 3 set categori A, categori B dan categori C.
  2. Sebagai contoh, tulis nama anggota keluarga kita pada categori A (Ibu, Ayah, nenek, kakek) dan di categori B dengan nama buah yang dia suka (jambu, pisang,mangga, pepaya, dan apel), dan categori C tuliskan dengan nama binatang (ayam, Kambing, Kuda, kelinci, dan gajah)
  3. Suruh anak  kita mengambil kartu yang paling depan didalam tumpukan pertama categori A, lalu Orang Tua bacakan secara perlahan dan ajaklah anak kita untuk ikut menirukannya. (- dalam hal ini perlu diingat,  Orang Tua tidak harus menjelaskan apa arti kata  yang sedang dibaca oleh anak- waktu yang di perlukan tidak lebih dari 2 detik, setelah itu langsung ambil kartu dari belakang tumpukan dan lakukan seperti cara pertama- Sebaiknya Orang Tua memperhatikan muka  anak saat menyebutkan sebuah kata.- Tidak usah menyuruh anak untuk mengulangi kata-kata yang telah dibacanya.- Jika sudah membaca 5 kata, hentikan proses  pelajaran yang kita berikan, lalu berikan cium dan peluk hangat kepada anak kita dan berilah dia pujian untuk menunjukkan bahwa kita sebagi Orang Tua sangat bangga terhadap anak yang mau belajar)
  4. Untuk hari pertama,coba lakukan cara diatas pada bagian category A maksimal 3 kali saja. Tidak lebih
  5. Untuk hari ke-2 dengan cara seperti category A = 3x, categori B = 3x
  6. untuk hari ke-3 tes semua kategori seperti contoh categori A = 3x, categori B = 3x, dan category C = 3xHari
  7. Untuk hari-hari selanjutnya lakukan seperti cara dihari ketiga.
 -  untuk setiap kata yang dibaca sebaiknya diulangi sebanyak 14 - 24 kali.  jika sudah melebihi itu, ubah kata-kata yang ada.
 - setelah satu kategori yang Orang Tua baca selesai baiknya langsung di acak kembali, ini dilakukan agar anak tak bisa menebak kata yang berurutan.

- tidak boleh mengulangi kata yang telah Orang Tua ucapkan, agar Orang Tua tidak keliru  kita bisa menandai semua kata yang sudah dibaca. Pakai pensil untuk setiap kata yang telah dibaca. tanda ini juga berfungsi untuk patokan supaya Orang Tua tahu kalau kata tersebut sudah berapa kali dibaca dan di ucapkan.

Baiklah itu tadi Tips Paling Tepat Dan Cepat Untuk Mengajarkan Anak membaca, semoga bermanfaat.
Labels: Anak, Tips

Thanks for reading Tips Paling Tepat Dan Cepat Untuk Mengajarkan Anak Membaca. Please share...!

0 Comment for "Tips Paling Tepat Dan Cepat Untuk Mengajarkan Anak Membaca"

Back To Top