Untuk Orang Tua, Nih Cara Paling Tepat Dalam Marahi Anak


Untuk Orang Tua, Nih Cara Paling Tepat Dalam Marahi Anak
RUANG BACA - Orang Tua Marah kepada seorang anak merupakan hal yang wajar dan lumrah  selama semua itu  memiliki tujuan yang tepat dengan cara marah yang tidak berlebihan. Tidah hanya marah saja yang tidak dianjurkan untuk berlebihan, bahkan kita melakukan sesuatu secara berlebihan aja sangat  dilarang, apalagi dalam bentuk emosi diri tak terkecuali marah.

Sebagai orang tua kita tentu pernah yang namanya marah bukan? Tidak hanya kepada anak saja bahkan kepada orang dewasa.  Baik itu dikarenakan kesalahan yang dilakukan dengan sengaja bahkan  tidak disengaja, ada saja hal  yang terjadi dan membuat para kita sebagai orang tua akan marah terhadap anaknya.

Namun ada beberapa cara yang sangat  tepat untuk  memarahi anak kita, semua bertujuan agar anak dapat paham dengan kemarahan kita yang mengarah untuk kebaikan anak itu tersendiri. Jangan sampai marah yang di lakukan kita hanyalah sebuah emosi saja, tanpa ada manfaat di dalamnya yang berguna bagi anak kita.

Baiklah, Berikut ini Ruang Baca ada beberapa cara yang paling tepat memarahi anak yang bisa di praktikan di rumah, semoga marah kita sebagi orang tua bermanfaat untuk anak-anak kelak : 

Untuk Orang Tua, Nih Cara Paling Tepat Dalam Marahi Anak


1. Perhatikan Emosi Kita 

Pada saat kita mulai marah kepada anak sekiranya emosi kita sedang meluap-luap atau pada fase puncak-puncaknya, akan lebih baik jika marah kita saat itu di tunda saja terlebih dahulu. Setelah semua tenang pikiran tenang, barulah kita bisa marah dengan lebih terarah.
Semua ini bertujuan agar saat kita marah kita dapat mengkontrol apa yang kita ucapkan. Apabila emosi kita  berapa pada fase yang tinggi atau meluap-luap, tentu marah yang kita lakukan hanya berisi emosi yang mengarah pada kekerasan saja, tanpa ada manfaat yang bisa diambil oleh anak.

2. Berlakulah Tegas Terhadap Anak

Berlakulah tegas terhadap anak disini bukan berarti tegas yang melewati  batas, bahkan mengarah pada keras yang membabi buta terhadap anak kita. Berlaku tegas disini bermaksud agar konsistensi dari pesan di balik kemarah kita ini dapat tersampaikan kepada anak. Dengan tegas, juga dapat membuat sang anak berpikir 2x ketika hendak mengulangi kesalahan yang dia perbuat sebelumnya. Akan tetapi tegas disini bukan bermaksud menakut-nakuti anak.

 3. Cari Bijak Dalam Memahari Anak

Sebaiknya dalam memarahi anak kita menggunakan bahasa yang baik, bahasa yang bersifat mengingatkan. Jangan pernah menggunakan kata-kata yang kasar atau bahkan mengupat, karena semua itu akan dicontoh oleh anak kita.

4.Tunjukkan Kesalahan Anak

Pada saat ini kita sebagai orang tua sering  hanya fokus terhadap emosi yang tengah meluap. Seakan kita menjadi anak sebuah sasaran empuk jika mereka berbuat salah. Sebenarnya cara ini malah  hanya akan membuat anak kita semakin bandel dan menganggap kita orang tua sebagai musuhnya. Cobalah ketika kita marah tunjukkan  letak kesalahannya beri dia penjelasan pahami kenapa dia berbuat kesalahan. Setelah kita menunjukkan kesalahannya, Beri Juga penjelasan dari konsekuensi yang akan di dapatkannya. Dengan begitu anak akan lebih memahami, mengapa ia di marahi oleh kita.


5. Gunakan Bahasa Yang Baik

Kita sebagai Orang tua saja jika di beri tau dengan menggunakan bahasa yang tidak baik dan kasar  bakalan tidak paham dan berpotensi akan marah juga. Apalagi seorang anak, yang dimana kondisi perkembangan kognitifnyamasih jauh dari kata matang dari orang dewasa.
Maka dari itulah gunakan kata-kata yang baik yang bersifat mengingatkan dan memberi penjelasan mana yang baik dan buruknya. Hindari kata-kata kasar atau pun umpatan yang tidak mendidik terhadap anak kita. Karena sekali lagi, kita marah untuk membimbing anak, bukan malah marah kepada musuh.

Labels: Anak, Tips

Thanks for reading Untuk Orang Tua, Nih Cara Paling Tepat Dalam Marahi Anak. Please share...!

0 Comment for "Untuk Orang Tua, Nih Cara Paling Tepat Dalam Marahi Anak"

Back To Top